Ulang

Saya mengulang semuanya dari awal. Menapaki jalan menjemput toga dengan langkah pertama untuk kedua kalinya.

Sebuah keputusan sulit saya ambil. Melepaskan penelitian yang saya tekuni sebelumnya. Penelitian yang  saya ambil dengan begitu berani sebagai tugas akhir saya. Penelitian yang akan sangat luar biasa sekali jika saja saya bisa menyelesaikannya. Tapi berani saja rupanya tidak cukup. Saya lupa menimbang-nimbang kemampuan dan waktu yang saya punya. Terpana hanya karena penelitian itu terlihat begitu keren. Terlalu berani mengambilnya. Terlalu yakin bisa menyelesaikannya.

Hingga kemudian waktu yang menjawab. Pelan-pelan saya tersadar, penelitian itu saya tak mungkin bisa menyelesaikannya. Kesalahan fatal yang baru saya ketahui setelah separo jalan. Saya bukannya langsung menyerah. Saya bertahan dengan segala yang saya bisa. Hingga akhirnya saya mengaku kalah.

Kemarin siang saya baru saja merampungkan revisi pasca seminar proposal penelitian yang baru. Untuk kedua kalinya saya merasakan betapa leganya hati saya setelah berlelah-lelah berjuang selama dua minggu. Revisi seminar proposal saya memang tak pernah mudah. Tapi melihat dosen penguji membubuhkan tandatangannya di semua poin revisi saya, semua kelelahan saya terbayar. Berganti menjadi semangat baru untuk menyegerakan tahapan berikutnya.

Pada akhir tulisan ini saya ingin berterimakasih. Pada orang-orang yang turut bersedih saat saya harus gagal wisuda tahun lalu. Yang membesarkan kecil hati saya saat itu. Mengelap mata saya yang basah. Pada orang-orang yang selalu menyemangati saya. Yang membantu saya untuk berdiri kembali. Pada orang-orang yang menumbuhkan lagi rasa percaya diri saya. Yang memilih tak kecewa dan tetap percaya pada saya. Menepuk-nepuk pundak saya. Pada orang-orang yang menemani saya berjuang kembali. Memberikan tangan untuk saya pegang, juga pelukan yang menguatkan. Hadir membersamai saya sehingga saya tak merasa sendirian.

Terimakasih banyak. 🙂

Semangat bikin sistem!

Advertisements

Beli kedondong uang receh, komen dong biar kece.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s