Belajar Dari Berharap

1456562080585[1]

Saya belajar berbesar hati dari setiap kegagalan yang saya dapat. Setelah semua kerja keras yang saya lakukan dan doa-doa yang saya rapalkan dalam bingkai perjuangan yang seringkali tidak mudah.

Ada kalanya kegagalan membuat saya lebih berpacu. Menjadikannya sebagai sebuah cambukan. Bahwa usaha-usaha yang saya lakukan mungkin harus saya lebihkan. Doa-doa yang saya panjatkan mungkin harus lebih saya khusukkan. Niat yang saya pasang di awal mungkin harus saya benahkan. Hingga akhirnya saya disampaikan pada suatu titik yang saya angan-angankan.

Tapi, Tuhan.. bukan saya tidak bisa bersyukur dengan apa yang Kau berikan. Saya ingin jujur.. bahwa seiring waktu, kegagalan demi kegagalan membawa saya pada kekecewaan. Yang pada akhirnya membuat saya lelah juga. Lelah berjuang dan lelah berharap. Sehingga saya juga belajar. Untuk menjadi lebih realistis dengan kehidupan. Harapan yang lebih sering kandas membuat saya takut dininabobokan angan-angan.

Katanya, kalaulah ada hal yang membuat anak manusia mau terus berjuang melanjutkan hidupnya, alasan itu pastilah bernama impian. Tak peduli betapa menyakitkan jalanan yang harus dilalui. Tapi, pada titik ini, saya belum berani untuk bermimpi lagi, Tuhan. Sebab saya belum sanggup jika saya harus kecewa lagi. Saya mohon biarkan saya coba untuk menjalani semuanya seperti air mengalir. Sambil saya menyembuhkan luka dan menguatkan diri.

Kemudian, satu lagi yang saya mohonkan pada-Mu, Tuhan. Agar saya diberikan lebih kesabaran dan kekuatan. Sebab hal-hal yang tidak diinginkan tak bisa ditolak datangnya. Dengan begitu nanti saat hal-hal tersebut datang, saya bisa bertahan.

Advertisements

Beli kedondong uang receh, komen dong biar kece.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s