Tips Atasi Susah Tidur Malam

Haloha, gua balik lagi.

Hari sudah malam. Malam sekali. Malam sekali jam berapa ya? Bagi gua kalo Cinderella udah harus pulang dari pesta alias 00.00 maka itu disebut malam sekali.  Padahal mata udah pedes, badan juga sebenernya capek, tapi lu masih tetep gak bisa tidur. Btw, kenapa sih itu bisa terjadi? Menurut gua penyebabnya cuma satu, lu sedang bersusah hati.

Apakah lu orang yang selalu kesulitan tidur malam? Agar tidak berlanjut mungkin lu bisa coba salah satu tips dari gua ini. Harus penasaran ya!

  1. Pertama, lu harus paksa diri lu buat gak mager alias malas gerak. Kenapa? karena steps berikutnya gak mungkin bisa lu lakuin kalo lu mager.
  2. Kedua, lu harus punya duit. Kalo ini khusus bagi anak kos saja. Pengecualian untuk lu yang tinggal sama orang tua.
  3. Ketiga, sekarang waktunya lu bergerak. Keluar. Menuju? Menuju abang-abang penjual nasi goreng. Apa harus nasi goreng? Kalo lu bisa nemuin nasi padang di waktu semalem ini ya gapapa, malah bagus. Tapi, percaya, nasi goreng jauh lebih enak saat hari udah malem.
  4. Keempat, pulang. Jangan makan di tempat. Inget, tujuan awal lu adalah supaya bisa tidur malam, bukan buat nongkrong apalagi cari kenalan di penjualan nasi goreng.
  5. Kelima, gua sangat yakin sekali jaman sekarang hampir gak mungkin kalo lu ga punya laptop, notebook atau sejenisnya. Mungkin ada, tapi semoga lu bukan bagian dari mereka. Nah, di step kelima ini yang harus lu lakuin adalah nonton. Oops, jangan sembarang nonton tapi ya. Lu harus pilih film atau video yang paling membosankan yang ada di laptop lu.
  6. Keenam, itada kimasu. Silahkan menikmati nasi goreng sambil menonton. Pastikan lu menghabiskan nasi goreng itu, karena akan mubazir kalo nggak habis, dan jangan lupa minum air yang cukup.
  7. Ketujuh, matiin lampu dan please jangan langsung tidur(an). Kan abis makan. Yang harus lu lakuin adalah tetap nonton menikmati film yang membosankan itu. Just stay. Perlahan-lahan, perut lu akan mulai menyesuaikan diri dengan nasi goreng tadi. Dan lu mulai merasa nyaman. Enjoy!
  8. Kedelapan, saat lu dalam kondisi nyaman sempurna, baik dengan tontonan yang mulai terasa nggak semembosankan sebelumnya dan juga dengan kondisi perut, rasa kantuk berat akan datang. Nikmati, nikmati dan nikmati. Lu hampir berhasil, keep going! Pelan-pelan lu akan bener-bener dikalahkan sama rasa ngantuk sampai akhirnya lu pun tertidur.

Selamat mencoba!

Advertisements

Saat Terpaksa ke Kampus Lagi

Hari ini saya ‘terpaksa’ ke kampus. Sebuah permintaan tolong kemarin menyambangi lewat telepon, meminta saya untuk menjadi MC sebuah acara. Saya tak kuasa menolak. Kebaikan seseorang pada kita acap kali membuat kita sungkan untuk mengatakan ‘tidak’. Sepertinya membantu kembali adalah cara terbaik untuk membalas kebaikan-kebaikan yang orang lakukan untuk kita.

Sudah berapa lama saya tidak bangun dan mandi sepagi ini?”, tiba-tiba pertanyaan ini melintas begitu saja di kepala saya saat mandi tadi.

Ah ya, saya terpaksa harus mengetik kata ‘terpaksa’ di awal post ini. Sebab memang saya tidak belum mau mengunjungi kampus untuk saat ini. Kenapa?

Di kampus, ada banyak jalur jalan yang bisa dilalui. Mereka akan memilih jalur paling sepi. Orang-orang yang mereka temui dengan ringan sekali melemparkan basa basi: ucapan selamat, pertanyaan kapan wisuda atau sudah melamar kerja dimana. Mereka memilih senyum seadanya sambil dengan cepat mengeluarkan jawaban-jawaban bohong. Demi menghindari bercerita lebih panjang, mengorek cerita lama, membuat hati makin lara.

Jangan tanyakan apapun tentang kampus pada meraka yang gagal wisuda tepat waktu. Kau tak akan pernah mengerti apa yang  mereka rasakan. Kau juga tak akan pernah tau bagaimana mereka berusaha melawan diri sendiri, menghadapai berbagai tekanan untuk kembali berjuang. Jangan tanyakan apapun pada mereka, kecuali saat mereka telah selesai nanti atau kau boleh bertanya jika kau adalah salah satu dari mereka.

Gelembung Rindu

Besok pagi mereka akan berangkat. Malam ini hati ku dipenuhi gelembung-gelembung rindu, semua keping-keping kenangan setahun yang lalu datang satu per satu.

Robby, Nico, Ojan, Vanny dan juga Jandi, selamat memulai perjalanan kalian. Apapun yang kalian kerjakan di sana, please do your very best! Jangan takut… Babeh pasti akan menjaga kalian dengan baik.

Kalian semua terima kasih karena membawa semangat di awal Oktober ini. Sisa yang harus ku selesaikan akan aku selesaikan dengan baik.

Juga Jimmy.. thanks a lot for being there, Jim. It is all possible to do just like you said, isn’t it?