Selamat Ulang Tahun

Tadi malam, tanpa sengaja aku tahu. Beberapa orang teman di BBM meng-update personal message mereka, juga mengganti display picture kontak mereka dengan fotonya.

Ah.. rupanya kau berulang tahun hari ini, ya.”, kulihat tanggal di hp ku.
Lalu kutanya diriku, “Kau akan mengucapkan selamat ulang tahun untuknya?
Entahlah, aku tak tahu. Sebaiknya ucapkan atau tidak?”, aku malah balik tanya. Aku bingung. Aku ragu. Sebenarnya ingin sekali aku mengucapkan selamat ulang tahun untuknya.
Tapi, mungkin sebaiknya aku tak usah mengucapkan selamat ulang tahun padanya.”, balasku kemudian.

Selama ini belum pernah sekalipun secara terang-terangan kukatakan padanya aku menyukainya. Aku sembunyi darinya. Sekarang ini tak mesti lah aku ucapkan selamat ulang tahun padanya. Tak apa. Esok lusa (semoga) masih bisa.

Aku memang menyukainya. Diam-diam aku terus saja memperhatikannya. Dari kejauhan aku memandanginya lekat-lekat. Tapi, tak pernah aku mendekatinya. Berpapasan dengannya pun aku selalu mati kutu. Harus kuakui aku ‘ketakutan’. Sampai saat ini, aku belum punya keberanian.

Saat ini aku memang tak pernah berharap lebih.
Tepatnya aku tak berani. Saat ini.
Itu sebabnya aku tetap di tempat yang sama. Tak beranjak barang selangkahpun. Aku bersembunyi. Aku tak ingin ketahuan.

Jadi biarkan aku mengucapkan selamat ulang tahun untukmu lewat blog ini saja.
Sebab aku masih seorang pengecut.

Lalu coba dengarkan aku.
Ucapan selamat ulang tahun dariku ini tak sedikitpun berkurang istimewanya meski tak kuucapkan langsung padamu. Ucapan ini tetap spesial. Semua kata-kata ini.. berjam-jam aku merangkainya. Berkali-kali pula aku memperbaikinya.

Nanti saat aku bukan lagi seorang pengecut,
Saat aku sudah tak lagi merengek ke orang tua untuk uang kantongku..
Saat aku sudah berdiri sebagai seorang lelaki..
Kalau aku masih menyukaimu, akan kukatakan padamu..
Akan kuceritakan bahwa aku selama ini bersembunyi memujamu.
Lalu tentu saja akan kuminta kau menjadi teman hidupku.

Wahai pemilik senyum manis bermata segaris.. selamat ulang tahun.
Semoga sehat dan ceria selalu.

Beli kedondong uang receh, komen dong biar kece.

