Orang Baik

2,5 tahun yang lalu guru saya pernah bilang, “Menjadi orang penting itu baik. Tapi, menjadi orang baik itu lebih penting.

Saya baru menyadari kata-kata guru saya itu sekarang, meski belum sepenuhnya. Begini, dulu saya selalu berorientasi bahwa menjadi yang terbaik di bidang kita adalah prioritas. Dengan menjadi yang terbaik maka akan lebih mudah mendapatkan yang terbaik yang kita inginkan. Dengan menjadi yang terbaik orang-orang di sekitar kita akan appreciate lebih dan lebih respect kepada kita. Kita menjadi orang penting.

Tapi, kenyataan membuktikan bahwa meskipun kita ‘sudah menjadi yang terbaik’ akan tetap ada yang lebih baik dari kita. Sayangnya, kita tak pernah bisa memastikan diri untuk selalu ‘sudah menjadi yang terbaik’. Suatu waktu kita berada di atas, up sampai titik tertinggi; suatu waktu lagi kita berada di tengah-tengah, flat di titik aman; tapi di lain waktu  kita berada dibawah, down hingga titik nadir. Ini seperti sebuah siklus keadilan Tuhan. Saya mengalaminya. Buruknya, saya lalai menyiapkan diri. Sehingga saat putaran waktu membuat saya jump down, saya menjadi terlalu kaget. Saya merasa sepertinya kerja keras saya selama ini sia-sia. Sedih. Terpuruk.

Baru kemudian saya tersadar. Saya tersadar bahwa selama ini saya berorientasi pada acuan yang keliru. Karena sebetulnya di luar sana kita akan menemukan ada dan ada lagi yang lebih baik dari diri kita. Kita tidak akan pernah bisa menjadi yang terbaik. Kita hanya bisa mencoba melakukan yang terbaik yang kita bisa. Hasilnya adalah mutlak hak dan kewenangan Tuhan. Lalu kita semestinya belajar darinya. Ah.. terlambat memang. Tapi, saya bersyukur. Tuhan memperlihatkan kepada saya. Hari ini saya belajar :

  • Berusaha menjadi yang terbaik itu tidak buruk. Sama sekali tidak, apalagi percuma.
    Memberikan usaha terbaik pada setiap apa yang kita lakukan tentu saja baik, sangat baik malah.
    Acuan yang keliru yang membuatnya menjadi kehilangan makna.
  • Saya tidak menyangkal bahwa saya masih ingin menjadi orang penting.
    Tapi, pengalaman membuat saya lebih ingin menjadi orang baik.

Wah’s sweety room – 3:55 AM

Salam Orang Baik

Beli kedondong uang receh, komen dong biar kece.

